Minggu, 02 November 2014

Manfaat Tauge


Kecambah kacang hijau mempunyai beberapa nama panggilan yang berbeda, misalnya ada yang menyebutnya dengan tauge, cambah, dan ada juga yang menyebutnya dengan nama tokolan.
Tauge merupakan sumber makanan yang kaya akanprotein, asam amino, vitamin dan mineral. Tauge juga dikenal sebagai makanan peningkat kesuburan karena mengandung banyak vitamin E, khususnya vitamin E-alfa, yang dapat membuat pria makin perkasa.
Dr. Boyke Nugraha, konsultan dan ginekolog seks, menyebutkan bahwa tauge mengandung anti oksidan dan vitamin E yang sangat berkhasiat bagi kesuburan dan bisa membantu kaum pria mendongkrak vitalitas dan kejantanannya. Protein tauge lebih tinggi 19% dibandingkan dengan kandungan protein dalam biji aslinya, hal ini disebabkan, selama proses menjadi kecambah, terjadi pembentukan asam-asam amino esensial yang merupakan penyusun protein.
Kecambah tauge mengandung vitamin B, C, B1, B6, K dan A. Selain itu, kecambah juga menjadi sumber makanan yang kaya zat besi, magnesium, fosfor, kalsium, kalium, dan mangan, dan asam lemak omega 3.
Selain sebagai bahan makanan untuk kesuburan, tauge juga bernilai tinggi, memiliki khasiat yang luar biasa jika dikonsumsi. Yang pertama, tauge bisa mencegah kanker, karena proses menjadi tauge telah menguraikan 90% rantai olisakarida menjadi karbohidrat sederhana, sehingga senyawa tersebut mudah sekali diserap tubuh, tanpa menghasilkan gas. Tauge juga mengandung serat yang membantu pengurasan kotoran dalam usus besar. Kemudian manfaat dan khasiat tauge lainnya adalah bisa untuk mencegah osteoporosis, mencegah serangan jantung dan stroke serta membangkitkan kekebalan tubuh.
Kecambah mentah memiliki manfaat lebih banyak daripada yang sudah dimasak. Selain bergizi, kecambah lebih mudah dicerna karena mengandung enzim dan serat yang larut. Bahkan, enzim tersebut bisa meningkatkan gerakan usus. Jadi, jika Anda mempunyai masalah pencernaan dan kembung, konsumsilah kecambah secara teratur.

http://www.carahidupsehatalami.info/manfaat-kecambah-tauge-kacang-hijau/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar